Righteous Kill

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Quisque sed felis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Etiam augue pede, molestie eget.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Hellgate is back

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit ...

Post with links

This is the web2feel wordpress theme demo site. You have come here from our home page. Explore the Theme preview and inorder to RETURN to the web2feel home page CLICK ...

Latest Posts

Keelokan Danau Kerinci tak perlu diragukan. Ditambah, kesenian dan budaya yang tinggi, tak pelak menjadi tujuan wisata yang menarik...   
Danau Kerinci terlihat begitu indah/ Foto-foto: Istimewa
PEMANDANGAN di sekitar danau ini begitu menawan. Mata Anda tak akan bosan melihat hamparan air yang jernih dengan latar barisan pegunungan yang anggun. Di tengah danau terlihat perahu-perahu nelayan sedang mengarungi permukaan airnya yang tenang.
Di desa-desa sekitar danau, terdapat sejumlah batu berukir yang konon peninggalan manusia purba megalit 2.000 tahun yang lalu. Selain itu, ditemukan juga alat tetabuhan atau genderang  dari zaman besi dan tembaga.

Itulah Danau Kerinci yang terletak di kaki Gunung Raja dan merupakan danau vulkanik  seluas 4.200 hektar, dengan kedalaman 110 meter dan ketinggian 783 meter di atas permukaan laut. Danau Kerinci berada di daerah paling Selatan dengan keliling sepanjang 70 km. Secara administratif, kawasan danau termasuk dalam Kecamatan Danau Kerinci dan Kecamatan Keliling Danau.
Kesenian dalam festival Danau KerinciKesenian dalam festival Danau KerinciSeperti daerah lainnya di Indonesia, ada cerita legenda tentang Danau Kerinci. Adalah Calupat dan Calungga, dua bersaudara kembar yatim piatu yang tinggal di kaki Gunung Kerinci. Mereka memiliki pusaka Merah Delima dan Batu Putih peninggalan orang tuanya. Suatu hari Calungga pergi berburu seorang diri, dalam perjalanan ia menemukan sebutir telur raksasa.
Telur itu kemudian dibawa pulang untuk diperlihatkan kepada Calupat adiknya. Namun, ternyata Calungga memutuskan untuk memakan telur itu seorang diri, setelah menyantap telur raksasa, Calungga kehausan. Ternyata kehausan Calungga berbeda. Ia meminum air sungai sekitar Gunung Kerinci yang menyebabkan sungai menjadi kering. Tubuh Calungga lama-kelamaan berubah, memanjang dan memiliki sisik-sisik emas sebesar nyiru.
Perahu kecil di danauPerahu kecil di danauCalungga berubah menjadi seekor naga raksasa dengan batu mustika merah delima di kepalanya. Untuk menguji kesaktiannya, Naga Calungga memohon kepada segala dewa di bumi agar dapat menggenangi lembah dengan air sehingga terbentuklah danau besar. Putaran tubuh naga tersebut membentuk sebuah danau, yang sekarang disebut Danau Bento di kaki Gunung Kerinci.
Calupat adik Calungga tak kuasa hidup seorang diri, ia minta naga Calungga mengantarkannya ke perkampungan penduduk di sebelah Timur matahari terbit agar ia dapat hidup berdampingan dengan penduduk. Maka ditiup oleh sang naga sebuah muara dengan angin sakti yang sekarang ini menjadi sebuah sungai yang dinamai Sungai Muara Angin (Sungai Batang Merangin).
Kemudian air menyusut karena terbawa arus naga Calungga yang menghilir ke Timur, sehingga berobah menjadi sebuah lembah yang dinamai Renah Kerinci dan sebuah danau yaitu Danau Kerinci yang ada sekarang. Pada saat kedatangan mereka dihadapan penduduk sepanjang aliran sungai besar, Calupat duduk di atas kepala naga. Maka penduduk saat itu juga langsung menobatkan Calupat sebagai raja yang bergelar Sang Hyang Jaya Naga.
Mengarungi danau yang indah menjadi kegiatan wisataMengarungi danau yang indah menjadi kegiatan wisataKabupaten Kerinci memiliki potensi seni dan budaya yang sangat tinggi. Potensi seni yang berkembang di daerah ini di antaranya adalah seni musik daerah, nyanyian-nyanyian daerah, tarian daerah, kesenian bernuansa islami dan berbagai bentuk seni tradisional lainnya. Di sini terdapat kelompok-kelompok seni daerah yang tersebar di berbagai daerah perdesaan yang meliputi seni teater sebanyak 28 kelompok, seni tari sebanyak 65, seni musik sebanyak 52 kelompok, seni musik qasidah atau rebana sebanyak 48 kelompok dan wayang sebanyak 9 kelompok.
Pertunjukan kesenian daerah umumnya dikaitkan langsung dengan acara-acara seremonial seperti acara pernikahan, menyambut kelahiran seorang bayi, peresmian rumah tempat tinggal, acara sunatan anak laki-laki atau bentuk acara lainnya yang mempesona dengan keunikannya masing-masing.

2 Responses so far.

  1. Unknown says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  2. Unknown says:

    Maaf mau bertanya 2 foto diawal itu benar foto danau kerinci,? Bukannya itu foto danau gunung 7,, mohon dicek lagi, setau saya danau kerinci belum berubah dan begitu juga danau gunung 7,, dan juga itu referensinya dari mana,?

Leave a Reply